Wisata Di Wonosobo yang Terkenal dan Wajib Dikunjungi 2020

Wonosobo terletak dijantung Provinsi Jawa Tengah, Wonosobo merupakan kabupaten dengan pemandangan pegunungan yang indah, Kota Wonosobo terkenal dengan dataran tinggi Dieng yang memiliki hawa sejuk dan menyegarkan
Wonosobo memliki berbagai macam potensi yaitu potensi ekonomi, wisata, dan pertanian karena tanahnya yang subur.
Wonosobo memiliki berbagai macam wisata yang lengkap seperti wisata alam, budaya, religi dan kuliner. Tidak heran jika wonsobo termasuk kota yang banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara.
Wonosobo sendiri memiliki berbagai jenis objek wisata yang wajib dikunjungi, wisata yang disuguhkan di Wonosobo ini bisa memanjakan mata anda, Berikut ini terdapat penjelasan singkat tentang beberapa tempat wisata di Wonosobo yang wajib dijelajahi :

1. Dieng

Dieng (joyfulltourtravel.files.wordpress.com)

Dataran Tinggi Dieng adalah kawasan vulkanik aktif di Jawa Tengah, yang masuk wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Letaknya berada di sebelah barat kompleks Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.
Pada musim kemarau (Juli dan Agustus), suhu udara dapat mencapai 0 °C di pagi hari dan memunculkan embun beku yang oleh penduduk setempat disebut bun upas (“embun racun”) karena menyebabkan kerusakan pada tanaman pertanian.
Bukan hanya itu saja yang menarik di Dieng, nyatanya banyak destinasi-destinasi lainnya pula yang layak untuk dikunjungi. Dari mulai bangunan/ kompleks Candi seperti Candi Arjuna, Candi Bima, Candi Gatotkaca dan lainnya. Adapula Telaga Warna, Kawah Sikidang, Kawah Sileri, Gua-gua, dan lainnya.
Nyatanya memang destinasi-destinasi wisata di Dieng tersebut menjadi rujukan bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara selain Bali dan Jogja. Destinasi Dieng patut untuk di explore saat liburan bersama teman, kerabat, sanak saudara, keluarga, bahkan bagi yang sedang Honeymoon.

2. Telaga Pengilon

Telaga Pengilon (live.staticflickr.com)

Telaga dengan air yang sangat jernih/ bening dan dapat digunakan sebagai cermin, nama pengilon merupakan bahasa Jawa yang artinya Cermin, tempat untuk melakukan introspeksi diri, tempat untuk melihat kedalam lubuk hati terdalam seorang manusia, tempat yang dapat menunjukkan keaslian diri seorang manusia, paling tidak itulah keyakinan yang berkembang dan dipercaya sampai sekarang, dengan bercermin di telaga pengilon kita akan melihat kecantikan/ keelokan wajah kita apabila kita memiliki hati yang bersih dan sebaliknya apabila kita belum memiliki hati yang bersih maka pantulan dari air tersebut akan menunjukkan wajah yang kurang elok/cantik.
Lokasi telaga pengilon dikelilingi bukit dengan tumbuhan pepohonan endemik yaitu akasia, tidak begitu jauh dari lokasi sudah berbatasan dengan lahan-lahan subur milik petani setempat tapi terbatasi oleh hutan yang cukup lebat, para pendaki yang sudah pulang dari Gunung Prau atau dari Gunung Sikunir yang memiliki waktu cukup luang biasanya akan istirahat kembali di lokasi ini dengan mendirikan tenda di sisi timur telaga, suasananya sangat nyaman jauh dari keramaian dan dapat menikmati pemandangan ikan-ikan kecil yang berenang kesana kemari di telaga yang jernih ini.
Kejernihan air dan lokasi yang berada didalam cekungan dengan benteng-benteng perbukitan inilah barangkali yang membuat hewan endemik itik gunung/ mliwis (Pasifik Black Duck) menjadi sangat kerasan berada di sini, jenis burung berdiameter sekitar 55 cm dengan tanda strip hitam dikepala ini masih dapat dengan mudah dijumpai di telaga warna maupun telaga pengilon. Saat terbang ,sayap bawah yang berwarna putih terlihat sangat kontras dengan bulu gelapnya ,keberadaan fauna endemik seperti ini memang sudah sangat jarang kita jumpai dan telaga pengilon sampai saat ini masih menjadi salah satu tempat untuk hidup bagi fauna ini selain Telaga Merdada, Telaga Cebong, Telaga Sedringo maupun Telaga Semurup.

3. Waduk Wadaslintang

Waduk Wadaslintang (instagram/sidiqnurseto)

Waduk Wadaslintang merupakan salah satu objek wisata yang cukup unik karena disini Anda bisa menikmati berbagai keindahan alam, wisata air, karamba, irigasi dan yang pasti Anda bisa melihat Pembangkit Listrik Tenaga Air disini. Waduk Wadaslintang berlokasi di perbatasan antara kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Kebumen. Waduk yang dibangun dengan memakan waktu yang lama ini beralamatkan di Desa Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.
Selain sebagai tempat wisata, Waduk Wadaslintang juga memiliki kegunaan yang banyak, diantaranya dijadikan sebagai sumber Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), lahan tambang ikan, mencegah banjir, karena sungai tanggul yang dibuat sangat kokoh dan tinggi, sebagai penampung air saat musim penghujan agar saat kemarau masyarakat tidak kekurangan air. Dan yang paling penting digunakan untuk mengairi lahan irigasi warga yang menggunakan pola tanam padi palawija setiap tahunnya. Kebutuhan air warga Kabupaten Kebumen dan Kabupaten Purworejo dipenuhi sepenuhnya oleh Waduk Wadaslintang. Banyak sekali manfaat yang didapatkan dengan adanya pembangunan Waduk Wadaslintang.

4. Telaga Menjer

Telaga Menjer (instagram/andangsugiarto)

Telaga menjer merupakan telaga terluas dikawasan Dieng, terletak di Desa Maron Kecamatan Garung Kabupaten Wonosobo, dengan luas sekitar 70 Ha dan kedalaman sekitar 60 meter, berada pada ketinggian sekitar 1300 Mdpl, tepatnya dibawah gunung Sikudi, telaga yang dikenal oleh berbagai kalangan sejak tahun 1905 karena dokumentasinya dipublikasikan oleh Warga berkebangsaan Belanda, bahkan sampai tahun 1940 punmasih sering diabadikan dalambentuk foto oleh warga berlanda tersebut yang akhirnya datanya tersimpan di Belanda. Terletak dibawah gunung yang lebat tentunya menjadi keuntungan tersendiri bagi telaga menjer karena airnya akan selalu melimpah, selain untuk kepentingan wisata, pemancingan, pengairan, telaga menjer juga dimanfaatkankan sebagai pembangkit Listrik tenaga air (PLTA) mulai tahun 1982 sampai sekarang. Lokasi yang nyaman seperti di telaga menjer ini menjadi idola tersendiri bagi penduduk local maupun wisatawan yang berkunjunjung, bukit-bukit dan bebatuan yang berdiri kokoh seolah menciptakan benteng tersendiri untuk melindungi kecantikan telaga menjer ini.
Untuk mencapai lokasi dapat ditempuh dengan mobil pribadi maupun motor roda dua, jalannya agak naik dan berkelok, dari kota wonosobo sekitar 12 Km kearah utara, hanya diperlukan waktu sekitar 30 menit sampai ke lokasi, dengan mengambil jalan ke kiri sebelum sampai dipasar tradisional Garung, sambil menikmati pemandangan dan sejuknya udara perjalanan jadi terasa sangat singkat,Telaga menjer sangat mudah dijangkau karena berada pada pertengahan jalur wisata Dieng. Fasilitas di lokasi ini cukup memadai sepeti toilet, Mushola dan tempat parkir yang luas akan tetapi kalau mau makan di restoran belum tersedia, yang tersedia hanya warung kecil dan kedai minuman. Sejuknya udaara di Sekitar telaga menjadikan banyak orang yang bertah berlama-lama untuk melakukan kegiatan termasuk kegiatan outbound, disebelah atas telaga juga ada perkebunan teh yang membentang sangat luas, lokasi ini dapat digunakan untuk jalan-jalan pagi maupun sore, dan sangat mirip di puncak Jawa Barat dengan latar belakang pemandangan gunung Sindoro. Kecantikan telaga menjer dapat dinikmati waktu pagi atau sore hari, pantulan langit birunya jadi sangat jelas terlihat dipermukaan air dan situasi seperti ini akan menjadi lebih nikmat kalau dilihat dari dekat. Penduduk lokal menyediakan perahu yang terbuat dari bambu untuk berkeliling telaga dan dapat juga menyewa alat pancing untuk memancing berbagai jenis ikan yang ada ditelaga, menikmati suasana alam seperti di telaga menjer ini memang sangat mengasyikan dan betah berlama-lama, waktu terasa begitu cepat berlalu sampai kita lupa untuk mengeksplorasi obyek lain yang tersebar di Bumi Kahyangan Dieng.
Di Menjer Kalian juga bisa menikmati rasanya naik sampan sampai ke tengah-tengah telaga dengan hanya ongkos sekitar 15ribu per orang. Kalian juga bisa menikmati pemandangan dari atas Telaga Menjer.

5. Pemandian Air Hangat Kalianget

Pemandian Air Hangat Kalianget (idntrip.com)

Terletak di jalan raya Wonosobo – Dieng km. 3, Desa Kalianget, Kabupaten Wonosobo, pemandian ini cukup mudah dijangkau. Dari pusat kota Wonosobo jaraknya hanya sekitar 3 kilometer, persis berada di tepi jalur utama menuju Dieng. Sesampainya di kompleks pemandian Kalianget pengunjung akan disambut dengan area parkir yang cukup luas. Pemandian ini memanfaatkan sumber mata air panas alami yang mengandung belerang.
Tiket Masuknya pun sangat terjangkau yaitu 10ribu per orang, disini bukan hanya kolam air hangat, tetapi ada juga kolam air dingin untuk berenang, dan area kolam renang dingin untuk anak-anak. fasilitas disini sudah seperti di kolam renang lainya yang lengkap.

6. Wisata Lubang Sewu

Lubang Sweu (instagram/warung_degan)

Pastinya masih sangat asing bukan jika mendengar Wisata Alam Lubang Sewu ini? Wajar saja, karena memang baru diresmikan tahun 2015 lalu, dan belum terkenal seperti halnya Dataran Tinggi Dieng.
Lubang Sewu Erorejo ini merupakan tepian Waduk Wadaslintang. Waduk Wadaslintang berada di Kecamatan Wadaslintang, Kabupaten Wonosono, Jawa Tengah. Waduk yang satu ini memiliki fungsi yang sangat penting, karena menopang kerhidupan masyarakat yang ada di sekitarnya. Jika bicara tentang waduk, pasti yang terbesit adalah sebuah danau yang luas dengan fungsi utama sebagai pengairan atau pembangkit tenaga listrik.
Namun Waduk yang satu ini sangat berbeda, karena terdapat deretan batu kapur yang berjajar unik sekali seperti membentuk pola, selain itu batuan kapur tersebut memiliki banyak lubang dan disinilah yang dimaksud dengan Wisata Lubang Sewu Erorejo.

7. Gardu Pandang Tieng

Gardu Pandang Tieng (pariwisataku.com)

Tempat yang paling banyak menjadi kenangan dan menjadi favorit wisatawan asing dalam perjalanan menuju Dieng adalah Gardu Pandang Tieng (GPT). Terletak pada ketinggian 1789 Mdpl tepat berada di atas Desa Tieng, lokasi ini merupakan lokasi yang paling tepat untuk menyaksikan terbitnya matahari dan menjadi lokasi alternatif bagi yang ingin melihat golden sunrise tapi tidak sempat naik ke bukit Sikunir, hampir setiap pagi sehabis subuh sudah ada orang yang berada dilokasi ini untuk menikmati keindahan terbitnya matahari tanpa penghalang apapun.
Di tempat ini juga banyak sekali pedagang-pedagang yang siap melayani pengunjung untuk menikmati hidangan serta minuman yang hangat untuk menemani waktu bersantai di gardu pandang ini sembari menunggu sunrise.

8. Gunung Lanang

Gunung Lanang (instagram/wisatamergolangu)

Gunung Lanang merupakan titik tertinggi di jajaran Pegunungan Serayu Selatan. Gunung Lanang secara administrasi berada di Kabupaten Wonosobo tepatnya di perbatasan Desa Mergolangu, Kecamatan Kalibawang dengan Desa Gumelar, Kecamatan Wadaslintang. Gunung Lawang ini mempunyai ketinggian setinggi 1.105 meter diatas permukaan air laut Mdpl dengan ketinggian relative 1.010 Mdpl. Gunung Lanang merupakan puncak dari sebuah dataran tinggi yang tak terlalu luas di perbatasan Kabupaten Wonosobo dengan Kabupaten Purworejo.
Tempat ini sangat cocok buat kalian yang hobi mengisi foto di instagram ataupun di facebook karena pemandangan yang bagus untuk menjadi background foto kalian.

9. Air Terjun Sikarim

Air Terjun Sikarim (instagram/wisnubanguns)

Air terjun yang berada di Dataran Tinggi Dieng di antara Gunung Bisma dan Gunung Sikunir pada ketinggian 1.800 meter di atas permukaan air laut (Mdpl). Air terjun yang berasal dari limpahan Telaga Cebong tersebut mengalir menuruni tebing perbukitan setinggi hampir 90 meter dan jatuh ke Sungai Mlandi. Di kala debit air cukup besar, air terjun tersebut tak hanya menampakkan satu air terjun saja. Mengingat air terjun yang berada di kawasan Dataran Tinggi Dieng, terlebih Desa Sembungan yang merupakan desa tertinggi di pulau Jawa, cuaca cerah tanpa kabut memang tak bisa ditemui setiap hari.
Tempat yang sangat cocok bukan untuk pasangan yang sedang dimabuk asmara untuk mengabadikan foto-foto bersama karena view dan pemandanganya sangat romantis dibawah air terjun ini.

Tags: #spot foto di wonosobo #tempat hits wonosobo #wisata di wonosobo #wisata wonosobo #wonosobo

author
Author: 
    10 Tempat Wisata di Pemalang yang Menarik dan Hits
    10 Tempat Wisata di Pemalang yang Menarik dan Hits Pemalang adalah sebuah kota
    Tempat Wisata di Brebes yang Terkenal
    Tempat Wisata di Brebes yang Terkenal Kabupaten Brebes merupakan salah satu kabupaten yang
    15 Tempat Wisata di Pekalongan yang Terbaru
    15 Tempat Wisata di Pekalongan yang Terbaru Siapa sih yang nggak tau kota
    15 Tempat Wisata di Jepara yang Terbaru
    15 Tempat Wisata di Jepara yang Terbaru Jepara terkenal sebagai kota kelahiran RA.

    Leave a reply "Wisata Di Wonosobo yang Terkenal dan Wajib Dikunjungi 2020"