Tempat Wisata Menarik Di Dieng 2020

Wonosobo terkenal dengan dataran tinggi Dieng, di sana banyak menyimpan keindahan alam yang menjadi incaran para wisatawan. Berada di Jawa Tengah, Wonosobo memiliki keindahan alam yang menakjubkan. yakni dataran tinggi Dieng, yang membuat siapa saja akan betah lama-lama di sana. Dieng merupakan kawasan vulkanik aktif di kawasan Wonosobo. Selain udara yang sejuk, Dieng juga menjadi tempat favorit wisatawan untuk berlibur.
Wisata Dieng Wonosobo patut untuk dimasukan ke dalam list liburan Anda. Dataran tinggi Dieng, sebenarnya terletak di antara dua kabupaten yaitu kabupaten Wonosobo masuk bagian Dieng Wetan (Timur) sedangkan bagian Dieng Kulon (Barat) masuk ke daerah Kabupaten Banjarnegara.
Dataran tinggi Dieng sering mendapat julukan Negeri di atas awan karena lokasinya yang berada di ketinggian. Dieng merupakan dataran tinggi, dimana kepercayaan orang Hindu mengatakan jika tempat yang tinggi lebih dekat dengan Sang Hyang Widhi atau dewa itu sendiri. Sehingga, konon Dieng digunakan sebagai tempat para dewa bersemayam.
Biaya liburannya yang murah menjadi salah satu alasan utama mengapa daerah ini nampak selalu ramai dikunjungi. Dengan banyaknya tempat wisata menarik nan eksotis, tempat ini layak untuk disambangi saat sedang masa liburan atau cuti panjang.
Bahkan, saking murahnya biaya penginapan dan transportasi, Anda hanya perlu menyiapkan bujet 1 juta untuk bisa berlibur kesini. Namun, sebelum memutuskan untuk mengunjungi tempat wisata Dieng Wonosobo, Anda wajib mengetahui 7 destinasi unggulannya yang tidak boleh dilewatkan.

1. Candi Arjuna

Candi Arjuna (httpjejakku.co)

Candi Arjuna merupakan salah satu bangunan candi di Kompleks Percandian Arjuna, Dieng. Candi Arjuna diperkirakan sebagai candi tertua, candi ini diperkirakan dibangun pada abad 8 Masehi oleh Dinasti Sanjaya dari Mataram Kuno. Di kompleks ini juga terdapat Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra. Candi Arjuna terletak paling utara dari deretan percandian di kompleks tersebut. Sementara itu, Candi Semar adalah candi perwara atau pelengkap dari Candi Arjuna. Kedua bangunan candi ini saling berhadapan.
Candi ini masih aktif dijadikan tempat ibadah warga sekitar yang beragama Hindu, terlebih saat Hari Raya Galungan. Di candi tersebut kita tidak akan menemukan arca seperti yang biasanya kita lihat pada candi umumnya. Arca-Arca tersebut disimpan di museum Kaliasa yang letaknya tidak jauh dari lokasi candi. Kita juga bisa berkunjung ke museum tersebut untuk melihat peninggalan-peninggalan sejarah yang lain.

2. Telaga Warna

Telaga Warna (https://www.dakatour.com/)


Jika Anda akan berlibur ke Wisata Dieng pada musim kemarau, wajib hukumnya untuk mampir ke Telaga Warna. Pasalnya, saat berkunjung di bulan Juli sampai Agustus, Anda akan berkesempatan melihat warna air di telaga ini menjadi merah, hijau, biru, hingga kuning.
Mitosnya, perubahan warna yang terjadi di Telaga Warna terjadi karena isi pusaka yang terjatuh milik Cupu Manik Astagina. Namun, jika dijelaskan secara ilmiah, penyebab warna air yang berubah karena ekosistem yang ada di telaga tersebut.

3. Batu Pandang Ratapan Angin

Batu Pandang Ratapan Angin

Dieng merupakan wilayah bekas gunung vulkanik purba yang sudah tidak aktif lagi. Karena beberapa kali meletus, wilayah ini memiliki tebing-tebing artistik dengan bentuk yang tidak beraturan. Salah satunya batu ratapan angin, dari tempat ini kita bisa melihat keindahan dieng dari ketinggian, melihat telaga warna dan telaga pengilon dengan sangat jelas.
Lokasi obyek wisata ini berada di kawasan bukit tepat sebelah selatan Telaga Warna dengan ketinggian sekitar 2.100 mdpl. Angka tersebut membuat Batu Pandang Ratapan Angin ada di tempat lebih tinggi dari Telaga Warna.
Karena tempatnya tinggi, untuk sampai ke batu ratapan angin kita harus melakukan tracking dahulu selama kurang lebih 15 menit.

3. Kawah Sikidang

Kawah Sikidang (https://panduanwisatadieng.com/)

Kawah Sikidang Dieng termasuk obyek wisata unggulan Dieng yang wajib dikunjungi. Di antara kawah-kawah lainnya di Dieng, Kawah Sikidang adalah yang paling mudah dicapai dan dinikmati karena terletak di tanah datar.
Konon, menurut cerita lama kawah ini sering berpinda-pindah tempat sendiri sehingga dinamakan Sikidang yang berasal dari hewan Kijang. Kawah ini merupakan bekas letusan gunung berapi hingga membentuk sebuah kawah yang masih aktif hingga kini.
Pastikan sebelum ke tempat wisata ini, Anda sudah berbekal masker karena aroma belerangnya cukup tajam dan dapat membahayakan kesehatan.

4. Bukit Sikunir

Bukit Sunrise Sikunir (https://cdn-image.hipwee.com/)

Bukit sikunir sekarang ini menjadi salah destinasi favorit yang ada di dataran tinggi Dieng. Mulai dari wisatawan lokal hingga mancanegara setiap harinya mengunjungi gunung ini.
Banyak orang datang ke bukit Sikunir untuk menyaksikan golden sunrise. Sikunir terletak di Desa Sembungan, Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Desa ini juga dikatakan sebagai desa tertinggi di pulau Jawa.
Berada di ketinggian 2.200 mdpl membuat bukit Sikunir menjadi tempat yang sangat pas untuk berburu sunrise. Untuk mencapai puncak, kita harus melakukan pendakian terlebih dahulu selama kurang lebih 30 menit.

5. Gunung Prau

Gunung Prau (https://2.bp.blogspot.com/)

Jika Anda adalah penyuka aktivitas mendaki, maka tidak ada salahnya untuk coba menaklukkan Gunung Prau. Dengan ketinggian hampir 2.600 mdpl, Gunung Prau merupakan gunung dengan puncak paling tinggi di Dieng.
Dibandingkan dengan proses pendakian gunung lainnya, waktu untuk mendaki gunung ini termasuk ke dalam kategori yang cepat. Mayoritas pendaki hanya membutuhkan waktu sekitar 3 sampai 4 jam untuk sampai puncaknya. Dijamin ketika melihat sunrise di puncak Gunung Prau, semua beban pikiran akan hilang.

6. Telaga Cebong

Telaga Cebong (https://www.sikatdiengtour.co.id/)

Terletak di desa tertinggi di Jawa yaitu Desa Sembungan, Telaga Cebong merupakan telaga yang terjadi dari bekas kawah purba, dulunya memiliki luas sekitar 18 ha, akan tetapi lama kelamaan mulai menyempit dan tersisa sekitar 12 Ha. Lokasi Telaga Cebong berada disebelah barat Gunung Sikunir dengan bentuk menyerupai cebong/berudu mungkin dari bentuk itulah akhirnya telaga ini diberi nama telaga cebong.
Banyak wisatawan yang memanfaatkan tempat wisata ini dengan aktivitas berperahu hingga berkemah. Peralatan kemah pun dapat dengan mudah disewa dari warga sekitar di sekitar area tersebut.

7. Kolam renang Air Panas D’qiano

Kolam renang Air Panas D’qiano (https://www.inibaru.id/)

Ingin mengembalikan tubuh ke kondisi yang segar dan fit, D’qiano Water Park cocok dijadikan destinasi liburan terakhir yang menyenangkan di Dieng. Cukup merogoh kocek 25.000 Rupiah saja Anda sudah bisa berenang di kolam air panas sepuasnya.
Jika bingung mencari tempat untuk bernaung, D’qiano Water Park juga menawarkan fasilitas penginapan dengan kualitas mumpuni. Jadi, momen liburan bersama keluarga di Wisata Dieng akan terasa lebih memorable.

Tags: #dieng #tempat wisata dieng #wisata dieng

author
Author: 
    10 Tempat Wisata di Pemalang yang Menarik dan Hits
    10 Tempat Wisata di Pemalang yang Menarik dan Hits Pemalang adalah sebuah kota
    Tempat Wisata di Brebes yang Terkenal
    Tempat Wisata di Brebes yang Terkenal Kabupaten Brebes merupakan salah satu kabupaten yang
    15 Tempat Wisata di Pekalongan yang Terbaru
    15 Tempat Wisata di Pekalongan yang Terbaru Siapa sih yang nggak tau kota
    15 Tempat Wisata di Jepara yang Terbaru
    15 Tempat Wisata di Jepara yang Terbaru Jepara terkenal sebagai kota kelahiran RA.

    Leave a reply "Tempat Wisata Menarik Di Dieng 2020"