Tempat Wisata di Sidoarjo Paling Ramai Dikunjungi

Tempat Wisata di Sidoarjo Paling Ramai Dikunjungi

Keprihatinan akan bencana lumpur Lapindo mungkin masih bisa dirasakan hingga saat ini. Bahkan area semburan lumpur pun dianggap sangat rentan dan berbahaya sehingga wacana menjadikannya sebagai tempat wisata justru menuai pro dan kontra. Namun begitu Sidoarjo juga menyimpan potensi wisata lainnya yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari wisata alam, wisata edukasi dan sejarah, hingga wisata hiburan yang seru. Nah, buat kamu yang sedang merencanakan liburan ke Sidoarjo, berikut ini adalah beberapa destinasi wisata yang bisa dikunjungi.


1. Pulau Sarinah

Pulau Sarinah (tagar.id)

Berlokasi di Telocor, Tanjungsari, Kupang, Kec. Jabon, Kab. Sidoarjo. Pulau Sarinah ini merupakan bukti nyata jika akan selalu ada hikmah dibalik sebuah musibah. Pasti kamu sudah tahu tentang bencana lumpur lapindo yang menggemparkan itu. Inilah hasil pengendapan lumpur lapindo yang menghasilkan sebuah pulau kecil. Meskipun belum bisa dihuni, kini pulau ini telah dibuka dan dijadikan sebagai obyek wisata baru. Warga memanfaatkan pulau ini untuk menanam pohon bakau sehingga berpengaruh terhadap kondisi udara di sekitarnya. Cobalah nikmati wisata edukasi unik ini, karena hanya bisa Kamu temui di Kabupaten Sidoarjo.


2. Pantai Kepetingan

Pantai Kepetingan (instagram.com/sofiafrontonehoteljuanda)

Obyek wisata yang satu ini berada di plosok kota Sidoarjo, tepatnya di Desa Sawohan. Sebuah desa yang ada di Kecamatan Buduran, Sidoarjo Jawa Timur. Di obyek wisata pantai kepitingan sidoarjo ini anda bisa menikmati panorama alam yang mempesona dan indah. Di tempat ini anda tidak hanya bisa melihat dan bermain di pantai saja. Karena anda juga bisa menyewa perahu di tempat ini sembari berkeliling menggunakan perahu untuk menikmati keindahan pantai Kepetingan.


3. Candi Pari

Candi Pari (phinemo.com)

Berlokasi di Desa Candi Pari, Kec. Porong, Kab. Sidoarjo – Jawa Timur. Candi Pari namanya, merupakan peninggalan kerajaan Majapahit pada masa Hayam Wuruk berkuasa. Memiliki bentuk segi empat dan dibangun menggunakan bata merah, candi ini sedikit berbeda dengan candi peninggalan Majapahit yang lain. Hingga saat ini, tempat wisata di Sidoarjo ini masih tetap dipergunakan untuk beribadat oleh pemeluk agama Hindu. Dan jika beruntung, Anda dapat menyaksikan kegiatan peribadatan umat Hindu di area candi.


4. Wisata lumpur Lapindo

Wisata lumpur Lapindo (antarafoto.com)

Lautan lumpur panas di Dusun Balongnongo, Desa Renokenongo, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo kini menjadi tempat wisata. Gak tahu deh ini kabar gembira atau kabar menyedihkan yang jelas genangan lumpur itu tidak henti-hentinya menarik pengunjung. Apalagi setelah seorang seniman membuat patung-patung dari lumpur panas ini, jumlah pengunjung kian meningkat. Kabar gembiranya, kamu bisa berwisata disini.


5. Museum Mpu Tantular

Museum Mpu Tantular (horesurabaya.co.id)

Berikutnya dalam daftar wisata Sidoarjo adalah Museum Mpu Tantular. Museum ini dapat kita kunjungi tepatnya di Jl. Raya Buduran. Luasnya sekitar tiga koma tiga hektar serta di dalamnya menyimpan berbagai peninggalan sejarah. Termasuk di antaranya adalah emas serta lukisan yang konon dibuat pada abad empat belas. Museum Mpu Tantular sekaligus dapat menjadi sarana untuk memperkenalkan aneka kebudayaan yang dimiliki negara kita pada para generasi penerus. Koleksi lain yang disimpan di museum ini selain emas dan lukisan adalah numismatik, etnografi hingga geologi dan biologi.


6. Sungai Porong

Sungai Porong (instagram.com/wisatasidoarjo)

Sungai porong menjadi bagian tempat wisata unggulan Kabupaten Sidoarjo. Pada beberapa sudut pandang, sejauh mata memandang, Kamu akan disambut dengan pepohonan serta pemandangan pegunungan yang begitu menenangkan hati. Bahkan Kamu bisa hunting foto di sungai yang populer di Sidoarjo tersebut.
Untuk Kamu yang menyukai buaya, di sini juga terdapat penangkaran buaya. Kamu bisa melihat proses pemberian makan buaya-buaya yang ada disini. Tak usah khawatir lagi untuk masalah keamanan saat menonton atraksi ini. Faktor keamanan selalu menjadi yang paling penting sehingga ada pawang buaya saat atraksi dilakukan.


7. Delta Fishing

Delta Fishing (explorewisata.com)

Berlokasi di Prasungtambak, Prasung, Kec. Buduran, Kab. Sidoarjo. Memancing adalah segalanya bagi para pecinta olahraga yang satu ini. Jadi, jika Kamu hobi memancing, kamu bisa mengunjungi delta fishing untuk menaklukkan semua jenis ikan di sana. Salah satunya ada ikan patin yang bisa dibawa pulang nantinya. Bagi Kamu yang kurang tertarik dengan memancing, ada juga fasilitas outbond yang tersedia di sini. Berenang juga bisa menjadi pilihan wisata yang direkomendasikan di destinasi menarik ini.


8. Pura Jala Siddhi Amertha

Pura Jala Siddhi Amertha (instagram.com/nala_arya)

Berlokasi di Jl. Juanda, Semambung, Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo – Jawa Timur. Ingin merasakan sensasi seperti berada di pulau dewata Bali? Coba dating saja ke tempat wisata di Sidoarjo yang satu ini, Pura Jala Siddhi Amertha namanya. Seluruh ornamen pura disini sama persis dengan pura yang ada di pulau Bali, selain itu suasana sakral juga begitu terasa disini. Ini tak lain karena tempat beribadat umat hindu ini masih tetap aktif digunakan untuk acara keagamaan hingga saat ini. Sehingga jika Anda berniat berkunjung dan berburu foto maka harus mengikuti aturan yang ada dan tetap harus saling menghormati, ya.


9. Candi Sumur

Candi Sumur (instagram.com/wisatasidoarjo)

Berlokasi di Dusun Candipari Wetan, Desa Candi Pari, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Tidak jauh dari lokasi Candi Pari, kamu bisa sekaligus menjelajahi destinasi wisata sejarah Candi Sumur. Sama seperti Candi Pari, Candi Sumur juga dibangun dengan menggunakan bata merah namun ukuran bangunannya lebh kecil jika dibandingkan Candi Pari. Meskipun kondisi candi sudah tidak utuh lagi, namun nilai-nilai sejarah di dalamnya masih bisa dinikmati hingga saat ini. Jangan lupa untuk mengabadikan momen liburanmu di Candi Sumur dengan view yang tak kalah menawan.


10. Alas Prambon

Alas Prambon (rentalmobilmurahsidoarjo.com)

Berlokasi di Jl. Raya Simpang, RT.14/RW.03, Ngingas, Simpang, Kec. Prambon, Kab. Sidoarjo. Alas Prambon menyediakan berbagai macam wisata edukasi untuk anak. Jadi, Kamu bisa mengedukasi anak tentang cara-cara beternak maupun bertani. Manfaatnya anak semakin tahu bagaimana proses bertani dan beternak yang baik. Tidak hanya itu saja, anak juga belajar untuk berinteraksi dengan alam. Kamu juga bisa mengajak anak melakukan outbond. Sejumlah fasilitas outbond sudah tersedia di sana, seperti ayunan, jaring laba-laba dan sebagainya.

Tags: #sidoarjo #tempat wisata di sidoarjo #wisata di sidoarjo

author
Author: 
    Tempat Wisata di Surabaya Paling Populer
    Tempat Wisata di Surabaya Paling Populer Surabaya merupakan sebuah Kota besar di Jawa
    Tempat Wisata di Sumenep Paling Populer
    Tempat Wisata di Sumenep Paling Populer Sumenep merupakan salah satu Kabupaten di Pulau
    Tempat Wisata di Pamekasan Yang Wajib Di Kunjungi
    Tempat Wisata di Pamekasan Yang Wajib Di Kunjungi Pamekasan merupakan sebuah kabupaten yang
    Tempat Wisata di Sampang yang paling Populer
    Tempat Wisata di Sampang yang paling Populer Kabupaten Sampang merupakan salah satu Kabupaten

    Leave a reply "Tempat Wisata di Sidoarjo Paling Ramai Dikunjungi"