Tempat Wisata di Klaten Yang Menarik dan Terbaru

Tempat Wisata di Klaten Yang Menarik dan Terbaru

Kota Klaten adalah sebuah kota yang berada disebelah timur berbatasan dengan kabupaten Sukoharjo. Kota Klaten juga diapit dua kota yaitu Yogyakarta dan Solo. Kota Klaten memiliki julukan “Klaten Bersinar” karena kota ini memiliki alam yang masih asri, berhawa sejuk dan tempat-tempat wisata yang alami dengan nama wisata yang cukup terkenal.


1. Candi Merak

Candi Merak (instagram/kabarklaten)

objek wisata di Klaten berupa candi bersejarah yang tak kalah cantik dengan candi-candi lainnya di pulau Jawa yakni Candi Merak. Berlokasi di Desa Karangnongko, Klaten, Candi Merak ini menggunakan Merak sebagai namanya bukan tanpa alasan. Hal ini karena konon dulunya banyak burung merak yang bersarang di sekitar candi ini, maka dinamakan lah candi Merak.


2. Candi Prambanan

Candi Prambanan (viator.com)

Tempat liburan di Klaten yang sudah terkenal bahkan hingga ke mancanegara adalah Candi Prambanan. Wisata bersejarah ini terletak di perbatasan antara Klaten dengan Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk kompleks candi sendiri sebenarnya berada di wilayah Yogyakarta, sedangkan pintu masuknya sudah masuk wilayah Klaten. Tiket masuk ke candi prambanan adalah sebesar 30.000 rupiah per orang, dengan perubahan biaya pada hari libur nasional. Di Candi Prambanan juga rutin diadakan Sendratari Ramayana pada hari-hari tertentu yang semakin menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke sana.


3. Umbul Ponggok

Umbul Ponggok (riaupos.co)

Berbicara tentang wisata di Klaten yang paling populer, Umbul Ponggok adalah jawabannya. Ada apa sih di Umbul Ponggok? Umbul Ponggok merupakan salah satu spot snorkeling yang paling direkomendasikan d pulau Jawa. Sekilas mungkin Umbul Ponggok ini terlihat seperti kolam yang biasa saja. Tapi tunggu sampai kamu menyelam, pemandangan bawah airnya yang jernih serta aneka ikan warna-warni pastinya akan membuat kamu terpesona. Selain itu di Umbul Ponggok ini pengunjung juga ditawarkan pengalaman menyelam yang unik dan tak terlupakan tentunya. Bayangkan saja, hanya tempat wisata di Klaten Umbul Ponggok ini, anda penyelam bisa menikmati bermain air sambil berfoto di dalam air dengan berbagai objek tambahan, seperti tv, sepeda, dan masih banyak lagi.


4. Umbul Cokro Tulung

Umbul Cokro Tulung (explorewisata.com)

Umbul Cokro Tulung berada di Desa Cokro, Kecamatan Tulung. Destinasi ini menawarkan pesona kolam pemandian alami berupa saluran irigasi kecil memanjang yang membentuk setengah lingkaran. Kolam umbul cokro tulung memiliki air yang jernih dan dasar kolam berupa bebatuan dan pasir. Umbul Cokro Tulung juga memiliki sejumlah wahana, seperti water sliding, gazebo, taman air, dan kolam bermain. 


5. Umbul Manten

Umbul Manten (instagram/abet_yurigen)

Klaten memang terkenal dengan wisata alamnya yang sangat asri dan mempesona. Anda bisa menjumpai Umbul Manten yang ada di Boto, Wunut, Kecamatan Tulun, Klaten. Umbul ini merupakan sebuah kolam alami dengan mata air yang begitu jernih dan menyegarkan. Lokasinya yang berada di tengah sawah dan di bawah pohon rindang semakin menambah keeksotisannya. Selain itu, kejernihan umbul ini membuat Anda bisa berfoto di dalam air dengan lebih jelas. Umbul ini juga seringkali digunakan sebagai lokasi foto pre-wedding dengan khas di dalam airnya. Beberapa fasilitas telah tersedia seperti halnya adanya hammock, pemandian, dan juga tempat istirahat untuk menikmati pemandangan alam. Anda tidak boleh melewatkan tempat wisata Klaten Jawa Tengah ini.


6. Umbul Jolotundo

Umbul Jolotundo (i.pinimg.com)

Pemandian Jolotundo atan Umbul Jolotundo terletak di Desa Jambeyan Kecamatan Karanganom Kabupaten Klaten, dan sekitar 8 kilometer dari arah Utara pusat Kabupaten Klaten. Pemandian Jolotundo atan umbul Jolotundo ini memiliki luas sekitar 220 meter persegi dari kompleks areal objek wisata seluas 500 meter persegi. Terdapat 3 kolam renang yang memiliki kedalaman yang berbeda, dari mulai 50cm sampai kira-kira 2 meter wisata air di Klaten ini memiliki air yang jernih dan bersih. Kita bisa memilih lokasi dan tempat sesuai dengan keinginan kita di Wisata Air Umbul Jolotundo Klaten ini.


7. Bukit Broken Heart

Bukit Broken Heart (media.travelingyuk.com)

Bukit Broken Heart terletak sekitar 300 m dari kawasan wisata Kali Talang, tepatnya di Ds. Balerante, Kec. Kemalang, Klaten, Jawa Tengah. Untuk sampai lokasi memakan jarak tempuh sekitar 28, 6 kilometer atau memakan waktu tempuh sekitar 53 menit dari pusat kota Klaten. Tiket masuk menuju kawasan cantik ini relatif terjangkau.


8. Taman Bunga Bono

Taman Bunga Bono (instagram/event.solo)

Jika ingin mendapatkan latar yang pas untuk berselfie? Taman Bunga Bono di Klaten bisa menjadi opsi yang menarik. Tempat yang sebelumnya merupakan sawah warga, diubah menjadi taman untuk beragam jenis bunga penuh warna. Kamu tinggal memilih pose seperti apa untuk aktivitas narsismu.


9. Rowo Jombor

Rowo Jombor (instagram/pucukedelweiss)

Memiliki panorama tak kalah memukau, terutama kala matahari terbenam, Rowo Jombor adalah pilihan tujuan wisata di Klaten selanjutnya yang bisa Toppers sambangi. Rawa luas yang masih sangat alami ini merupakan sarana irigasi bagi masyarakat sekitar. Tak cuma bisa menikmati indahnya pemandangan Rowo Jombor, Toppers juga bis mencicipi beragam kuliner yang dijajakan di warung apung yang berada di tepian dari obyek wisata di Klaten satu ini.


10. Museum Gula

Museum Gula (merahputih.com)

Selain mata air dan candi, di Klaten, Jawa Tengah juga memiliki jenis wisata lainnya, yaitu wisata Sejarah di Museum Gula Jawa Tengah. objek wisata Klaten yang satu ini juga dikenal dengan nama Museum Gula Gondang Winangoen, lalu apa sih menariknya Museum Gula Gondang Winangoen ini?
Di Museum Gula ini kita bisa menemukan banyak koleksi mulai dari foto-foto bersejarah, alat-alat komunikasi lama, lokomotif kereta tebu (cane). replika peralatan pembuat gula hingga diorama pabrik gula dan pabrik tebu. Tak hanya itu saja, bagi kamu yang ingin belajar lebih jauh, kamu bisa masuk ke Perpustakaan dikawasan Museum ini.


11. Deles Indah

Dales Indah (instagram/delesindah)

Salah satu kawasan di Kabupaten Klaten yang menawarkan keindahan pesona alam yang menakjubkan, objek wisata dales indah terbilang masih baru tetapi selalu ramai dikunjungi wisatawan. Spot yang di dapatkan ketika kalian berada di wisata satu ini, bisa berfoto selfie dengan tampilan alam di atas bukit dan kamu bisa mencari titik angel yang bagus. Tak hanya itu saja objek wisata dales indah di kawasanya terdapat pesanggrahan Pakubuwono X, Sendang Kali Reno, Bukit Pring Cendani, Makan Kyai Mlayopati, Taman Ngajaran dan Goa Sapuangin. Loasinya di desa Sidorejo, Kec. Kemalang, Klaten Jawa Tengah.


12. Air Terjun Gemulai

Air Terjun Gemulai (instagram/wisatajateng)

Awalnya, air terjun ini sempat hits banget, sehingga warga setempat mengelolanya menjadi tempat wisata. Namun, kini warga tak lagi mengelola tempat wisata ini. Kalau kamu ingin mengunjungi air terjun cantik ini, harus mencari jalan sendiri dengan menembus semak belukar. Perjuanganmu bakal terbayar ketika sampai di sana.


13. Taman Lampion

Taman Lampion (unycommunity.com)

Untuk wisata yang lebih modern dan kekinian, serta wisata yang lebih mengedepankan spot foto untuk Instagram, wisatawan bisa datang ke Taman Lampion Klaten. Taman wisata ini memiliki banyak koleksi lampion dalam berbagai bentuk yang akan menyala warna-warni di malam hari. Tentunya taman ini cocok dijadikan background saat foto-foto. Waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke taman lampion ini tentunya adalah pada malam hari. Pada saat malam hari, para wisatawan bisa menyaksikan lampion menyala sambil menikmati wisata kuliner di foodcourt yang tersedia di dalam area taman lampion ini.


14. River Boarding Kali Pusur

River Boarding Kali Pusur (static.limakaki.com)

Apabila Anda bosan dengan liburan yang begitu-begitu saja dan mendambakan tempat wisata asik di klaten, silakan datang ke Kali Pusur. Anda bisa melakukan river boarding yang melintasi tiga desa di Kecamatan Polanharjo dan Kecamatan Tulung. Arus di sungai ini cukup bervariasi, ada yang cukup deras, curam, serta luamayan pelan. Jalur sepanjang 10 km ini umumnya ditempuh selama tiga jam, dan biasanya debit air akan semakin meningkat ketika musim hujan. Tempat wisata alam Klaten ini dilengkapi dengan dua orang operator yang akan mendampingi setiap pengarugan boarding. Sehingga keamanan para wisatawan yang sedang melakukan river boarding di Kali Pusur cukup terjamin.


15. Luweng Sampang

Luweng Sampang (instagram/yuhdifian)

Tempat wisata air terjun Klaten mungkin tidak sebanyak di Yogyakarta atau Magelang. Namun di perbatasan Klaten dengan Gunungkidul, terdapat satu air terjun yang sangat unik. Ketinggiannya memang tidak seberapa, tapi kontur bebatuan dengan gradasi warna kuning kecoklatan membuat air terjun ini tampak berbeda. Luweng Sampang memang cukup jauh dari pusat kota dengan jalan menuju ke sana yang sedikit kecil dan sepi. Akan tetapi dijamin saat tiba di sana Anda akan mendapatkan hasil foto yang unik dan menarik.

Tags: #klaten #tempat wisata di klaten #wisata di klaten

author
Author: 
    10 Tempat Wisata di Pemalang yang Menarik dan Hits
    10 Tempat Wisata di Pemalang yang Menarik dan Hits Pemalang adalah sebuah kota
    Tempat Wisata di Brebes yang Terkenal
    Tempat Wisata di Brebes yang Terkenal Kabupaten Brebes merupakan salah satu kabupaten yang
    15 Tempat Wisata di Pekalongan yang Terbaru
    15 Tempat Wisata di Pekalongan yang Terbaru Siapa sih yang nggak tau kota
    15 Tempat Wisata di Jepara yang Terbaru
    15 Tempat Wisata di Jepara yang Terbaru Jepara terkenal sebagai kota kelahiran RA.

    Leave a reply "Tempat Wisata di Klaten Yang Menarik dan Terbaru"