Tempat Wisata di Jogja yang Terbaru & Favorit

Tempat Wisata di Jogja yang Terbaru & Favorit

Jogja adalah salah satu provinsi yang terdapat di jawa tengah. Daerah Istimewa Yogyakarta Disebut – sebut sebagai salah satu kota istimewa, sudah sejak dulu Jogja menyuguhkan beragam destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. segudang bahkan semilyar panorama dan pesona alam yang sangat menakjubkan bagi siapa saja yang melihat langsung keindahan wisata alamnya. Keindahan wisata di Jogja ini belumlah seluruhnya terekspos ke publik karena masih ada beberapa wisata wisata alam yang masih tersembunyi sehingga banyak dari traveler dan bahkan orang Jogja sendiri masih belum mengetahui objek wisata yang ada di Jogja tersebut.
Ada banyak Tempat Wisata Jogja terbaru dan instagramable yang bisa Anda kunjungi di tahun 2020 ini. Sangat disayangkan jika berkunjung ke Kota Pelajar tanpa singgah sejenak menikmati indahnya berbagai wisata yang disuguhkan. Berbagai wisata yang disuguhkan oleh kota istimewa tidak hanya wisata siang hari saja, tetapi keindahan malam di kota ini juga tidak kalah indahnya. Berikut ini beberapa tempat wisata Jogja yang instagramable yang siap menemani liburan Anda.


1. Heha Skyview

Heha Skyview (instagram.com/wonderfuljogja)

Berlokasi di Jln. Dlingo-Pathuk, desa Patuk, Gunungkidul. Salah satu Tempat Wisata Jogja romantis dan instagramable ini menyuguhkan keindahan Kota Yogyakarta dari ketinggian dan gagahnya Gunung Merapi yang berdiri tegak. Wisatawan akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 10.000 dari jam 10.00 hingga 16.30. Sedangkan pada jam 16.30 keatas akan dikenakan biaya sebesar Rp. 15.000


2. Bukit Panguk Kediwung

Bukit Panguk Kediwung (instagram.com/dolankemari)

Bukit Panguk terletak di Dusun Kediwung, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul. Bukit Panguk Kediwung adalah tempat wisata di Yogyakarta yang terbilang baru. Bukit Panguk Kediwung memang menyajikan pemandangan sunrise yang tidak akan terlupakan. Destinasi wisata ini buka mulai dari jam 09.00 hingga 17.00 WIB. Wisatawan tidak dikenakan biaya masuk tetapi hanya biaya parkir saja. Bukit yang merupakan wisata baru ini menjadi salah satu tempat terbaik untuk menikmati keindahan matahari terbit.
Bukit Panguk Menyuguhkan dataran alam hijau yang menyejukkan mata. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menghilangkan penat dan mencari ketenangan. Bukit Panguk juga menyediakan beberapa gardu Pandang yang menarik sehingga sangat cocok sebagai background foto Anda.


3. Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan (instagram.com/wonderfuljogja)

Berlokasi di Berada di Jalan Imogiri – Dlingo, Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Di sini anda akan diajak berdiri di atas awan. Pemandangan Kebun Buah Mangunan termasuk wisata baru yang sangat eksotik.
Disini pengunjung cukup merogoh kocek Rp 5000. Sangat disarankan jika ingin berkunjung ke Mangunan, sebaiknya berangkat dari pukul 03.00 WIB agar dapat menyaksikan berdiri di atas awan dan melihat matahari terbit.


4. Puncak Kosakora

Puncak Kosakora (instagram.com/apud_setiawan07)

Berada di Banjarejo, Tanjungsari, Area Hutan, Ngestirejo, Kec. Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Puncak Kosakora ini dapat dikatakan merupakan destinasi yang belum lama ramai dikunjungi wisatawan, letaknya yang tidak mudah untuk dicapai membuat lokasi Puncak Kosakora tersembunyi padahal memiliki keindahan yang luar biasa.


5. Goa Pindul

Goa Pindul (pariwisataku.com)

Berada di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Gua purba yang akan membawa wisatawan mengarungi sungai di sepanjang lorong dalam gua. Beragam aktivitas wisata bisa dilakukan di gua yang berlokasi di Gunung Kidul ini. Memang kegiatan utamanya adalah cave tubing. Namun jangan salah aktivitas lain di sekitar gua juga layak dicoba.


6. Sindu Kusuma Edupark

Sindu Kusuma Edupark (media.travelingyuk.com)

Sindu Kusuma Edupark terletak di Jalan Jambon, Sleman, Yogyakarta. Tempat bermain di Jogja yang wajib dikunjungi bersama keluarga di waktu liburan anda. Objek wisata di Jogja untuk anak ini memang menyediakan berbagai wahana yang lengkap. Tempat liburan di Jogja, ini buka sejak pukul 15.00-20.00.


7. Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk (instagram.com/tikejogja)

Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Air Terjun Sri Gethuk adalah salah satu keindahan yang tidak akan pernah terlupakan. Berada di kawasan ini sangat menyenangkan. Terasa damai di hati, bisa melihat pemandangan sekitar, berupa pepohonan yang menjulang tinggi. Menghadirkan pesona alam yang begitu mengesankan. Di tambah lagi, air terjun di sini memliki tingkat bebatuan yang berbeda. Sehingga, air akan jatuh mengikuti alur batu yang ada.


8. Cave Tubing Kalisuci

Cave Tubing Kalisuci (instagram.com/joeadimara_)

Berada di Jetis, Jonge, Pacarejo, Kecamatan. Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Wisatawan disuguhkan dengan keindahan stalaktit dan stalakmit yang menghiasi goa. Selain dapat melakukan cave tubing, Anda juga dapat berburu foto dengan berbagai objek foto menarik. Harga tiket masuk ke Goa Kalisuci hanya Rp. 5.000 per orang. Bagi Anda yang ingin menikmati paket cave tubing, maka akan dikenakan biaya sebesar Rp. 70.000 untuk 5 orang.


9. Istana Ratu Boko

Istana Ratu Boko (gotripina.com)

Berada di Jalan Raya Piyungan – Prambanan, Gatak, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Ratu Boko adalah sebuah kompleks kerajaan atau istana, sehingga ada yang menyebutnya sebagai Kraton Ratu Boko. Kompleks Ratu Boko ini memiliki keindahan serta misteri yang sangat menarik.


10. Goa Jomblang

Goa Jomblang (instagram.com/snoppysnoopy)

Berada di Jetis Wetan, Pacarejo, Kec. Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Berbeda dengan goa pada umumnya, Goa Jomblang memiliki mulut goa yang berada di permukaan tanah sehingga goa ini sering disebut goa vertikal. Adrenalin Anda benar-benar diuji di Goa Jomblang ini. Bagi pemula, sebaiknya memilih jalur dengan kedalaman 15 meter saja dengan jalanan yang tidak terlalu terjal dan dalam. Banyak wisatawan mancanegara yang sengaja berkunjung ke sini. Salah satu alasannya adalah spot “cahaya surga” yang amat indah dan cuma bisa kita dapatkan di mulut gua. Oh iya karena wisata ini sangat istimewa, tiket wisata susur gua ini juga lumayan “menantang”. Dengan harga Rp450 ribu sekali masuk, tapi pastinya kamu gak bakal kecewa.


11. Bukit Bintang Jogja

Bukit Bintang Jogja (instagram.com/fnnyalfz_13)

Berada di Area Kebun, Srimulyo, Kec. Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Wisata malam ini menyuguhkan panorama indah kerlap-kerlip cahaya lampu rumah penduduk layaknya taburan bintang di langit. Bukit Bintang ini sering dikunjungi oleh muda mudi karena memang suasananya begitu romantis. Wisata malam ini menyuguhkan panorama indah kerlap-kerlip cahaya lampu rumah penduduk layaknya taburan bintang di langit. Bukit Bintang ini sering dikunjungi oleh muda mudi karena memang suasananya begitu romantis. Bukit Bintang menjadi salah satu tempat favorit anak muda yang suka nongkrong. Tidak hanya pemandangan yang indah saja, tetapi Bukit Bintang juga menyediakan berbagai kuliner lezat yang bisa Anda cicipi.


12. Taman Sari Jogja

Taman Sari Jogja (bobobox.co.id)

Wisata Taman Sari Jalan Tamanan, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Menikmati keindahan, menyenangkan, sekaligus mendidik. Bangunan bersejarah memberikan banyak informasi mengenia kejadian di masa lampau, termasuk diantaranya menanamkan kebanggaan sebagai pewaris dari peradaban agung itu. Taman Sari Jogja dibuka untuk kunjungan wisatawan mulai dari jam 8 pagi dan ditutup jam 2 siang. Tiket masuk taman sari jogja, dibedakan antara pengunjung domestik dan pengunjung manca negara. Untuk tamu domestic dikenakan tarif 5 ribu sedangkan wisatawan asing 7 ribu rupiah. Dan juga ada tiket masuk untuk kamera sebesar 2 ribu rupiah. Untuk wisatawan yang ingin menggunakan jasa tour guide dikenakan biaya tambahan 25 ribu.


13. Bukit Mojo Gumelem

Bukit Mojo Gumelem (instagram.com/neng_uyye)

Berada di Kanigoro, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Berbagai spot foto unik seperti bunga matahari dan sarang burung dengan pemandangan perbukitan seribu yang mengesankan. Bukit Mojo Gumelem ini sangat ramai sekali dikunjungi saat menjelang sunrise maupun sunset. Bukit Mojo Gumelem ini sangat ramai sekali dikunjungi saat menjelang sunrise maupun sunsetSaat sunrise biasanya jika anda beruntung akan merasakan Bukit Mojo Gumelem seperti negeri di atas awan, karena dataran rendah di bawahnya akan tertutup kabut.


14. Watu Goyang Mangunan

Watu Goyang Mangunan (instagram.com/suryojdb)

Berada di Cempluk Jalan Watu Goyang No.1 Cempluk, Griloyo, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Watu Goyang ini terdapat di atas ketinggian Bukit Mangunan, banyak sekali spot selfie yang bisa kalian coba. Watu Goyang ini terdapat di atas ketinggian Bukit Mangunan, banyak sekali spot selfie yang bisa untuk dibidik.Spot-spot Instagenic ini antara lain gardu pandang yang berbentuk helikopter, spot bunga, dan lain-lain sebagai. Buat kamu para pemburu spot selfie, lokasi Watu Goyang ini cocok untuk jadi rekomendasi.


15. Seribu Batu Songgo Langit

Seribu Batu Songgo Langit (instagram.com/kluunlai)

Berada di Jalan Hutan Pinus Nganjir, Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Di lokasi ini terdapat ratusan bahkan ribuan batu dan pastinya hutan pinus. Songgo langit berarti penyangga langit, hal ini dikarenakan di Seribu Baru Songgo Langit terdapat bukit yang seakan akan merupakan tiang dari langit. Spot foto di Seribu Batu hampir semuanya anti mainstream. Anda akan menemui beberapa spot foto dalam empat bagian di tempat wisata ini.


16. The Lost World Castle Cangkringan

The Lost World Castle Cangkringan (naradatour.com)

Berada di Petung, Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lost World Castle menyuguhkan keindahan bangunan mirip benteng takeshi dengan berbagai wahana-wahana menarik dan cantik untuk berfoto. Wahana yang dapat Anda nikmati disana seperti bangunan unik, spot foto yang instagramable, lukisan 3D dan berbagai wahana lainnya.


17. Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger (gelangprojo.com)

Berada di Jalan, Dlingo-Patuk, Pantirejo, Terong, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Hutan Pinus Pengger menyuguhkan keindahan pemandangan di pagi hingga kerlap-kerlip lampu di malam hari. idak hanya pemandangan yang elok saja, wisatawan juga dapat melakukan berbagai aktivitas lain. Misalnya berburu foto dengan aneka spot foto yang menarik, bersantai di pohon dengan hammock, wisata kuliner, dan sebagainya. Meskipun Hutan Pinus Pengger masih tergolong baru tetapi hits, wisatawan hanya dikenakan biaya retribusi sebesar Rp. 2.500 saja.


18. Tebing Breksi

Tebing Breksi (instagram.com/sulung_wibowo)

Gn. Sari, Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebenarnya ini merupakan bekas lokasi tambang yang kini sudah dialih fungsikan menjadi destinasi wisata hits di kota Jogja. Tebing breksi bahkan tidak pernah sepi pengunjungi di setiap harinya. Dari tempat wisata inilah Anda bisa menikmati pemandangan kota Jogja, gunung merapi, dan candi prambanan dari kejauhan. Tak perlu khawatir, sebab lokasi tempat wisata di Jogja tersebut mudah dicapai dan tidak terlalu jauh dari pusat kota, yakni di Sambirejo, Prambanan.


19. Wisata Bhumi Merapi Farming

Wisata Bhumi Merapi Farming (cdn2.tstatic.net)

Bhumi Merapi Farming terletak di Jalan Kaliurang kilometer 20. wisata jogja berupa sebuah agrowisata yang sangat menarik, berkonsep wisata edukasi. Terletak di lereng Merapi, di dalamnya terdapat beragam wahana dan area bermain yang sangat menyenangkan serta terdapat semacam peternakan mini, area berkuda,area untuk camping/outbond dan perkebunan hidroponik.


20. Air Terjun Sampang Gunung Kidul

Air Terjun Sampang Gunung Kidul (instagram.com/adtadt_)

Berada di jl. Juminahan, Sampang, Mongkrong, Sampang, Gedang Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. air terjun di Luweng Sampang pun dihiasi dengan batuan-batuan cadas yang berwarna putih, terlihat kontras dengan birunya air.
Udara sejuk dengan gemericik air menjadi penghilang letih setelah perjalanan panjang menuju kemari. Suasana alamnya yang asri dengan air terjun yang indah sangat sayang untuk dilewatkan.


21. Grojokan Pucung Bantul

Grojokan Pucung Bantul (instagram.com/gunawanjir)

Berada di Dusun Pucung, Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Air Terjun Grojogan Pucung adalah air terjun yang berada di tengah hutan belantara sehingga masih belum banyak yang mengetahui air terjun ini. Di lokasi ini pepohonan rimbun yang sangat hijau dan membuat lokasi ini sangat indah seperti lukisan panorama yang sangat indah. Pemandangan dari Grojogan Pucung ini terlihat menarik dengan kontur air terjun yang bertingkat. Grojokan pucung ini juga memiliki beberapa spot yang bagus. Jadi pengunjung tidak hanya menikmati kesegaran air dan pemandangan sekitar tetapi juga puas untuk foto-foto dengan latar belakang grojokan yang sangat indah.


22. Taman Sungai Mudal

Taman Sungai Mudal (instagram.com/rizkakhadafi)

Berada di Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Wisata taman sungai mudal ini berupa kolam pemandian yang airnya sangat jernih dan berwarna biru toska yang sangat memanjakan mata. Keindahan taman sungai mudal ini yang menjadi daya tarik wisatawan asing atau lokal, dan sangat cocok untuk update foto di instagram kalian.


23. Air Terjun Gedad

Air Terjun Gedad (instagram.com/gunawanwicaksana28)

Berada di Gedad, Banyusoco, Kec. Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Air terjun ini menjadi salah satu Air terjun yang cukup indah di Gunungkidul dan wajib dikunjungi oleh para traveler. Air terjun ini juga punya ciri khas tersendiri. ketinggian Air Terjun Gedad hanya sekitar 10-15 meter saja, namun dindingnya cukup lebar dan berpunuk-punuk, sehingga aliran airnya terlihat sangat artistik. Selain itu di depan air terjun juga dibuat dek khusus untuk yang senang foto selfie. Suasana di wisata ini memang masih sangat asri, dan cocok bagi yang suka dengan fotografi.


24. Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan (phinemo.com)

Berada di Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. memiliki suasana yang dapat membuat pengunjung merasa damai, sangat asri, masih alami, serta dapat membuat hati tenang. Terdapat banyak deretan pohon pinus yang tumbuh subur di sepanjang hutan tersebut. Harga tiket masuk untuk masuk ke Hutan Pinus Mangunan saat ini cukup murah wisatawan hanya akan dikenakan biaya sebesar Rp 2.500/orang, tetapi wisatawan harus membayar biaya parkir yaitu Rp 3000 untuk kendaraan roda dua, Rp 5000 untuk mobil, dan Rp 10.000 untuk kendaraan bus. Selain itu jika anda ingin foto pre-weeding anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 50.000.


25. Jurang Tembelan

Jurang Tembelan (instagram.com/fakrulradzi.ar)

Berada di Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurang Tembelan boleh dibilang merupakan salah satu tempat wisata baru di Yogyakarta. Wisatawan biasanya datang untuk selfie dan memotret sunrise atau matahari terbit.
Wisata baru Jurang Tembelan ini kini mulai banyak lalu lalang di lini masa Instagram. Waktu paling tepat untuk mengunjungi Jurang Tembelan adalah pada pagi hari sebelum matahari terbit.


26. Bukit Paralayang

Bukit Paralayang (instagram.com/fauzigers)

Berada di Area Hutan, Giricahyo, Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dikenal sebagai landasan olahraga paralayang, Bukit Gupit juga menyimpan pesona alam yang begitu menakjubkan. Bahkan, panorama laut biru yang luas membentang semakin terlihat menawan kala senja mulai menghampiri dengan sunsetnya yang begitu eksotis. Di tempat ini, kamu bisa menikmati secangkir kopi hangat sambil memandang keindahan laut lepas dari atas ketinggian. Untuk masuk ke kawasan Bukit Paralayang Parang , kamu hanya perlu membayar retribusi sebesar Rp 5.000 pada saat memasuki TPR di Pantai Parangtritis. Sementara di kawasan wisata Bukit Paralayang kamu hanya akan dikenakan biaya parkir kendaraan sebesar Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Kawasan wisata yang cukup hits ini buka setiap hari mulai pukul 05.00 WIB – 18.30 WIB.


27. Air Terjun Kedung Pedut

Air Terjun Kedung Pedut (instagram.com/fendys7)

Berada di Dusun Banyunganti, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo. Kulon Progo. menyuguhkan air terjun dua warna yang ciamik dan eksotis. Perpaduan warna biru tokas dan putih jernih yang alami berhasil menarik perhatian wisatawan. Warna biru toska dari air terjun berasal dari pantulan sinar matahari yang mengenai pecahan batuan dari Pegunungan Menoreh. Harga tiket masuk sangat terjangkau yaitu Rp. 3.000 perorang dan biaya parkir kendaraan sebesar Rp. 2000 untuk motor dan Rp. 5.000 untuk mobil.


28. Kaliadem

Kaliadem (instagram.com/merapijeep_86mjtc)

Berada di Kinarejo, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain bisa belajar banyak tentang sejarah letusan Gunung Merapi, kamu juga bisa menemukan innerpeace, karena hawanya sejuk, sepi, dan bisa banget buat melepas penat. Bila ingin berkunjung ke kawasan Kaliadem, pengunjung dapat menempuh perjalanan dari kota Yogyakarta melalui Jalan Kaliurang.


29. Teras Kaca Pantai Nguluran

Teras Kaca Pantai Nguluran (instagram.com/repern)

Bolang, Girikarto, Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. wisata pantai Nguluran mempunyai Jembatan teras kaca sejatinya bukan digunakan untuk spot selfie. Melainkan, digunakan sebagai resort mewah. Menurut rencanaawal teras ini akan digunakan untuk kolam renang skypool seperti yang ada di Bali. Spot satu ini memang bisa di bilang berbeda dengan yang lainnya. Dimana, kita akan disuguhkan dengan pesona adrenalin yang cukup tinggi dan juga menegangkan. Harga tiket masuk pantai Nguluran adalah 10 ribu rupiah. Sementara, untuk menikmati berbagai macam spot foto yang ada disini, kita harus membayar biaya tambahan lagi.


30. Studio Alam Gamplong

Studio Alam Gamplong (cdn2.tstatic.net)

Gamplong 1, Sumberrahayu, Moyudan, Dukuh, Sumberrahayu, Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Studio Alam Gamplong merupakan destinasi wisata yang mulai dibangun pada akhir 2017, tempat ini dibangun oleh Mooryati Soedibyo selaku pendiri sekaligus pemilik Mustika Ratu Group, destinasi wisata yang berdiri diatas lahan seluas dua hektar ini pada awalnya dibangun untuk keperluan shooting film Sultan Agung The Untold Story. Tempat tersebut awalnya adalah tempat pengambilan gambar film Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta dan Bumi Manusia karya Hanung Bramantyo. Setelah dijadikan sebagai salah satu lokasi syuting Bumi Manusia tempat ini semakin ramai dikunjungi wisatawan yang datang dari berbagai daerah, kebanyakan dari mereka penasaran dan ingin berfoto dengan latar bangunan yang dijadikan sebagai lokasi syuting film Bumi Manusia.


31. Hutan Mangrove Pasir Kadilangu

Hutan Mangrove Pasir Kadilangu (instagram.com/primaratnaningtyas)

Berada di Hutan Mangrove Pasir Kadilangu, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Nah, yang bikin wisatawan berbondong-bondong ke sana bukan sekadar keasrian hutan mangrove saja, melainkan hadirnya jembatan bambu hingga replikasi Menara Eiffel yang dibuat dari bambu. Menariknya semua bangunan tersebut dibuat dari bambu semua, sehingga benar-benar unik dan begitu menarik saat dijadikan latar berfoto.

Tags: #jogja #tempat wisata di jogja #wisata di jogja #wisata favorit di jogja #wisata hits di jogja

author
Author: 
    30 Rekomendasi Pantai di Jogja yang Terbaru
    30 Rekomendasi Pantai di Jogja yang Terbaru Selain dikenal sebagai Kota Gudeg ternyata

    Leave a reply "Tempat Wisata di Jogja yang Terbaru & Favorit"