Tempat Wisata Di Cirebon Yang Sering Dikunjungi

Tempat Wisata Di Cirebon Yang Sering Dikunjungi

Cirebon adalah salah satu kabupaten yang terdapat di Provinsi Jawa Barat. Sebuah Kabupaten yang memiliki segudang bahkan semilyar panorama dan pesona alam yang sangat menakjubkan bagi siapa saja yang melihat langsung keindahan wisata alamnya. Tidak mengherankan jika Pemerintah Daerah menggandeng para investor untuk meningkatkan infrastruktur yang memadai demi memberikan kenyamanan dalam berwisata. Termasuk pembangunan objek wisata baru sebagai upaya untuk mengembangkan industri pariwisata Cirebon agar semakin diminati oleh wisatawan. Dengan banyaknya destinasi wisata Cirebon yang bisa dikunjungi, para wisatawan bisa lebih leluasa untuk menghabiskan waktu liburannya di kota yang banyak memiliki peninggalan sejarah ini.


1. Pantai Kejawan

Pantai Kejawan (instagram.com/media.anakhitz.cirebon)

Pantai kejawaan ini terletak di Pegambiran, Lemah wungkuk, kota Cirebon, Jawa Barat. Anda bisa menghabiskan waktu dan bersantai di pantai ini dengan keluarga maupun teman-teman. Anda bisa menikmati semilir angin yang sejuk dan hamparan air laut yang menenangkan sambil menikmati makanan dan minuman.


2. Pantai Baro Gebang

Pantai Baro Gebang (instagram.com/mas_gandy)

Lain halnya dengan Pantai Kejawanan yang punya harga tiket super murah, Pantai Baro Gebang dapat Anda kunjungi tanpa biaya masuk sepeser pun. Tetapi jika Anda menggunakan kendaraan bermotor, mungkin akan dikenakan biaya lahan parkir yang dikelola warga setempat.


3. Telaga Remis

Telaga Remis (instagram.com/agustinadjafar)

Ini dia telaga cantik di Jawa Barat yang banyak diburu anak muda Cirebon, yaitu Telaga Ramis. Nama telaga ini berasal dari kerang air tawar yang tumbuh cantik di area sekitar.


4. Telaga Nilem

Telaga Nilem (instagram.com/aboutcirebonid)

Telaga Nilem atau Telaga Biru Cicerem ini merupakan salah satu tempat wisata yang sedang hype di Instagram. Airnya begitu jernih, suasananya sejuk, dan dikelilingi pepohonan rindang. Salah satu daya tariknya adalah puluhan ikan mas yang bisa diajak foto.


5. Setu Sedong

Setu Sedong (instagram.com/cirebon.banget)

Waduk Setu Sedong siap menyuguhkan pesona panorama yang dapat memanjakan mata. Teman Traveler bisa melihat Gunung Ciremai di bagian belakang waduk. Tak hanya itu, karena posisinya berada di ketinggian kurang lebih 300 m di atas permukaan laut, kalian bisa memandang eksotisnya matahari tenggelam. Kalau tak percaya, bisa langsung meluncur ke Desa Sedong Lor, Kecamatan Sindang Laut, Cirebon.


6. Setu Patok

Setu Patok (instagram.com/budirahardi.official)

Oleh masyarakat setempat, Setu Patok sering dibilang sebagai Danau Toba-nya Cirebon. Hal ini karena Setu Patok menjadi danau atau setu terbesar di Cirebon dan sekitarnya. Tempat tersebut semakin ramai dikunjungi ketika menjelang sore hari. Banyak warga dan pengunjung berburu sunset yang indah dari tempat ini. Kamu pun dapat menjajal berbgai wahana yang ada di Setu Patok. Misalnya saja mengelilingi danau dengan menggunakan perahu motor. Bagi yang suka memancing di sini juga disediakan tempat atau area memancing yang nyaman. Untuk menuju Setu Patok ini juga mudah. Setu Patok berada di kawasan Mundu. Kamu hanya butuh waktu sekitar 30 menit saja dari pusat kota Cirebon untuk sampai ke sana.


7. Cirebon Waterland

Cirebon Waterland (instagram.com/ayyearifin)

Setelah sempat terabaikan, Taman Ade Irma Suryani (TAIS) berubah menjadi taman air bernama Cirebon Waterland. Tempat ini buka sejak pukul 07.00 hingga 21.00 dengan harga tiket sekitar Rp50-65 ribu. Tak sekadar kolam renang, kamu juga akan menemukan banyak spot kece, seperti pondok ikonik dan restoran bergaya kapal laut. Cirebon Waterland berlokasi di Jalan Yos Sudarso Nomor 1, Desa Lemahwungkuk.


8. Keraton Kasepuhan

Keraton Kasepuhan (instagram.com/sironi__)

Keraton Kasepuhan merupakan tempat wisata di Cirebon pertama yang wajib dikunjungi, terutama jika Anda tertarik dengan sejarah Cirebon. Keraton di Cirebon ini dibangun pada tahun 1529 oleh Pangeran Mas Mohammad Arifin yang notabene merupakan cicit Sunan Gunung Jati.


9. Keraton Kanoman

Keraton Kanoman (instagram.com/dickywahyudi0412)

Keraton Kanoman adalah destinasi wisata bersejarah di Cirebon yang tidak kalah menarik dari Keraton Kasepuhan. Meski sudah banyak mengalami pemugaran, Keraton Kanoman tetap memertahankan dekorasi dan gaya arsitektur khas Jawa dan Tiongkok yang mengandung nilai sejarah perkembangan kerajaan Islam di Indonesia. Berbagai koleksi benda bersejarah seperti lukisan, kerajinan keramik, serta kereta kencana Paksi Naga Liman yang legendaris dapat Anda temukan di tempat wisata di Cirebon ini.


10. Keraton Kacirebonan

Keraton Kacirebonan (instagram.com/cirebonsosmed)

Keraton lainnya yang tak kalah menarik adalah Keraton Kacirebonan. Pembangunan keraton ini tidak bisa dilepaskan dari peristiwa peperangan di wilayah Cirebon melawan pihak kolonial Belanda. Keraton ini memiliki warna dominan hijau yang khas. Selain itu juga terdiri dari delapan tiang utama sebagai pilarnya. Di keraton ini menyimpan benda koleksi pada zaman dulu milik Keraton Kacirebonan. Mulai dari pedang, tombak hingga alat untuk membuat jamu. Keraton Kacirebonan ramai dikunjungi oleh wisatawan pada hari minggu dan hari libur lainnya.


11. Bukit Gronggong

Bukit Gronggong (instagram.com/muhamadjufri182)

Bukit Gronggong adalah salah satu destinasi yang wajib dikunjungi. Bukit ini mudah dijangkau karena ada di jalur utama antara Cirebon dan Kuningan. Di bukit ini juga pula terdapat pemandangan alam yang menakjubkan. Kamu dapat menyaksikan gemerlapannya lampu di kota Cirebon dari atas bukit. Lokasinya ada di Papatan, Beber, Cirebon. Untuk masuk ke bukit ini kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp2.000 saja untuk motor, sedangkan untuk mobil cukup mengeluarkan biaya Rp5.000 saja. Di sini kamu juga bisa menikmati aneka ragam kuliner yang ada di restoran dan kafe-kafe yang ada di sekitar bukit.


12. Batu Lawang

Batu Lawang (instagram.com/sektiyono96)

Tempat wisata di Cirebon yang baru adalah Batu Lawang, berada di Desa Cupang, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Wisata Batu Lawang tengah hits di media sosial. Pemandangannya tak kalah menarik dengan Tebing Breksi yang ada di Sleman, Yogyakarta. Wisata alam Batu Lawang menyuguhkan keindahan tebing berbatu seperti Tebing Breksi. Batu Lawang menjadi salah satu tempat wisata di Cirebon yang paling diburu untuk swafoto.


13. Wanawisata Ciwaringin

Wanawisata Ciwaringin (nativeindonesia.com)

Kehadiran Wanawisata Ciwaringin nampaknya menjadi pesona tersendiri sebagai tempat wisata di Cirebon yang memang wajib dikunjungi di saat liburan. Sebuah tempat wisata yang menawarkan pemandangan hijau sekaligus spot terbaik untuk memancing bisa dijadikan sebagai referensi berlibur di akhir pekan. Tidak hanya itu saja, di lokasi ini juga terdapat pemandangan gunung kapur yang sangat kokoh. Sering kali di kawasan ini dijadikan sebagai tempat balap motorcross.


14. Goa Sunyaragi

Goa Sunyaragi (instagram.com/syahidulmubarok)

Berkunjung ke Cirebon rasanya kurang lengkap bila tidak datang ke Goa Sunyaragi. Goa ini merupakan bangunan peninggalan bersejarah dari Kasepuhan Cirebon dan merupakan tempat meditasi dan peristirahatan para sultan Cirebon dan keluarganya pada zaman dulu. Tidak seperti kebanyakan goa yang berada di lembah atau pegunungan, goa ini berdiri di lahan luas dan terbuat dari tumpukan batu karang berwarna putih yang menyerupai candi. Saat memasuki kawasan objek wisata ini, terdapat bangunan baru menyerupai panggung yang dilengkapi deretan bangku. Sekarang ini, Gua Sunyarangi sering digunakan sebagai tempat pertunjukan seni tari tradisional Cirebon.


15. Hutan Kera Plangon

Hutan Kera Plangon (gerbangpatriot.com)

Berlokasi di Desa Babakan, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Hutan Kera Plangon bukan hanya menawarkan suasan hutan dan habitat kera, tapi juga menjadi tempat petilasan Pangeran Panjunan dan Pengeran Kejaksan yang letaknya di atas bukit Plangon.


16. Desa Wisata Cikalahang

Desa Wisata Cikalahang (ihategreenjello.com)

Wisata ini berlokasi di Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon tepatnya sekitar satu kilometer dari jalan alternative Cirebon-Majalengka. Di kawasan Desa Wisata Cikalahang juga terdapat danau besar yang bisa kamu kelilingi dengan menaiki perahu bebek.


17. Banyu Panas Palimanan

Banyu Panas Palimanan (aboutcirebon.id)

Setelah puas berkeliling ke berbagai tempat wisata di Cirebon, destinasi wisata Cirebon satu ini tepat untuk Toppers mengistirahatkan diri. Sumber air panas alami yang berada di Desa Palimanan Barat ini tak cuma menawarkan pemanian air panas, namun juga panorama asri yang bisa membuatmu rileks.

Tags: #cirebon #tempat wisata di cirebon #wisata di cirebon

author
Author: 
    Tempat Wisata di Depok yang Wajib Di Kunjungi
    Tempat Wisata di Depok yang Wajib Di Kunjungi Sebagai salah satu kota metropolitan
    Tempat Wisata di Kota Banjar Paling Populer
    Tempat Wisata di Kota Banjar Paling Populer Kota Banjar tidak lebih dari secuil
    18 Tempat Wisata di Bogor yang Sering Di Kunjungi
    18 Tempat Wisata di Bogor yang Sering Di Kunjungi Bicara soal Kota Bogor
    13 Tempat Wisata di Cimahi Paling Populer
    13 Tempat Wisata di Cimahi Paling Populer Cimahi, salah satu kota yang ada

    Leave a reply "Tempat Wisata Di Cirebon Yang Sering Dikunjungi"